Masterplan Transportasi Tuban Dilelang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Selangkah lagi Kabupaten Tuban akan memiliki masterplan transportasi. Lelang masterplan tahun 2020 sedang berlangsung dan dilaman LPSE ada tujuh peserta yang mengikuti tender.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Gunadi menjelaskan masterplan transportasi merupakan dokumen transportasi yang disusun dalam rangka merumuskan kebijakan, pengendalian dan pengawasan dalam rangka pengembangan jaringan lalu lintas dan angkutan jalan secara terpadu dan menyesuaikan kebutuhan daerah.

Sesuai amanah UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, penyusunan masterplan transportasi merupakan bagian dari tahapan penyusunan Rencana Induk Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RILLAJ).

"Penyusunan dokumen ini harus mempertimbangkan kebutuhan transportasi, perubahan pola aktivitas, pola pergerakan serta kebutuhan ruang kegiatan skala kabupaten, sehingga jaringan lalu lintas dapat diselenggarakan secara terpadu, tertib, lancar,aman dan nyaman," ujar Gunadi, Kamis (17/9/2020).

Maksud dan tujuan dari penyusunan dokumen ini, lanjut Gunadi adalah menghasilkan suatu rumusan perencanaan secara menyeluruh untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang terpadu sebagai acuan pengembangan transportasi, menguatkan integritas tata ruang dan kebutuhan mobilitas penumpang dan barang sehingga tercipta transportasi yang tertib, lancar, efektif, efisien, aman, nyaman dan efisien.

Ditambahkan Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lantas) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, Imam Isdarmawan bahwa sasaran yang diharapkan adalah terwujudnya integritas sistem transportasi dan tata guna lahan. Tersedianya jaringan dan layanan angkutan umum yang berkelanjutan.

Selain itu, tersedianya jaringan jalan yang menjangkau kawasan terbangun untuk peningkatan konektivitas. Terwujudnya manajemen rekayasa lalu lintas sesuai dengan target penilaian pelayanan. Terwujudnya skenario rencana umum lalu lintas angkutan jalan jangka pendek, menengah dan panjang.

"Baru tahun ini disetujui pengusulan anggaran masterplan transportasi. Dishub sudah lama mengajukan tapi sesuai prioritas anggaran kajian baru tahun 2020 disetujui," sambungnya.

Sebagaimana diketahui dilaman LPSE, tender masterplan transportasi Tuban 2020 memiliki nilai pagu paket Rp294.295.125 dan nilai HPS paket Rp288.860.000. [ali/col]