50 Satpol PP Dites Urine BNN

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 50 anggota Satpol PP Tuban mengikuti tes urine yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten di kantor Satpol PP komplek Pemkab Tuban, Kamis (10/9/2020).

Tes urine diawali apel bersama sekitar pukul 07.00 Wib, dilanjutkan tes urine di lantai 2. Nampak pejabat struktural Satpol PP ikut tes rutin ini. Kepala Satpol PP Tuban, Heri Muharwanto juga ikut tes pencegahan dan antisipasi penyalahgunaan Narkotika.

"Tes urine ini untuk mendeteksi anggota jika menyalahgunakan obat terlarang. Selama ini anggota penagak Perda sangat aktif dilapangan dan memiliki resiko besar terpapar Narkotika," terang Heri Muharwanto kepada blokTuban.com.

Heri bersyukur hasil sementara tes negatif. Tes akan dilakukan 1 semester sekali dan bekerjasama dengan BNN. Apapun hasilnya nanti akan menjadi pelajaran bagi penegak perda di Bumi Wali.

Sementara Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menambahkan, pelaksanaan tes urine ini implemestasi Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan bahaya narkoba.

"Pencegahan bahaya narkoba telah BNN sosialksasikan ke Satpol PP," sambung Made disela tes urine.

BNN bersama stakeholder di Kabupaten Tuban serentak melakukan pencegahan narkoba. Harapannya sinergi ini bisa mengurangi narkoba yang peredaran di Bumi Wali masih ada.

Sebagaimana diketahui bersama, yang ikut tes hari ini dua peleton sesuai arahan dari bidang operasional Satpol PP. Mereka adalah petugas yang paling sering terjun di lapangan menegakkan Perda di tengah masyarakat. [ali/ono]