Bayi Dibuang di Musala Makam Ronggolawe, Warga Curigai Dua Muda-mudi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban digegerkan dengan penemuan bayi di toilet Makam Ronggolawe. Bayi terbungkus kantong plastik ditemukan pertama kali oleh petugas kebersihan musala makam sekitar pukul 10.00 WIB.

Warga sekitar mengaku masih membaui darah segar. Diduga bayi mungil terbungkus plasenta itu dibuang antara pukul 08.30 sampai 09.00 WIB.

Di sekitar musala makam Ronggolawe ada CCTV, akan tetapi kondisinya rusak. Warga dan Lurah Sidomulyo mencurigai dua muda-mudi yang diduga membuang bayi tersebut. Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengatakan, bayi tersebut dibungkus dua kantong plastik berwarna hitam dan putih. Identitas pembuang bayi masih belum diketahui.

"Jenis kelamin bayi belum tau karena warga dan petugas kelurahan tidak berani membuka plasenta," terang Lurah kepada blokTuban.com, Rabu (2/9/2020).

Penemuan bayi tersebut sedang dalam penanganan kepolisian, dan bayi dibawa di RSUD Koesma Tuban. Diduga kuat bayi baru lahir, karena masih ada darah di sekitarnya.

Kasdi petugas kebersihan musala kaget saat melihat kantong plastik berisi bayi. Seketika itu dia langsung memberitahu warga, kemudian dilaporkan ke Polsek Kota.

"Kalau bayi dibuang malam pasti ketahuan. Dugaan kuat setelah Shubuh atau kisaran pukul 08.30 WIB," sambungnya.

Setiap malam di musala selalu ada orang yang mengaji atau jaga. Kondisi sepi di atas pukul 06.00 WIB, karena warga mulai bekerja. [ali/ito]