1.800 Siswa Terima Beasiswa Kemerdekaan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bulan Agustus 2020 menjadi momen bahagia bagi 1.800 siswa tingkat SD/MI-SMP/MTs di Kabupaten Tuban.

Mereka mendapatkan beasiawa kemerdekaan dari Pemerintah Kabupaten yang penyalurannya melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tuban.

Total beasiswa kemerdekaan Rp870 juta. Teknisnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban mengusulkan para penerima beasiswa kepada BAZNAS Kabupaten Tuban.

Sebelum dilakukan penyaluran, masing-masing instansi telah melakukan verifikasi terhadap para siswa yang diusulkan. Salah satu kriteria penerima beasiswa kemerdekaan adalah para penerima beasiswa tersebut belum menerima program yang sama dari instansi lain.

“Setelah berkas dinyatakan lengkap, kami kemudian menyalurkan beasiswa ini,” jelas Sekretaris Pelaksana BAZNAS Kabupaten Tuban Eko Julianto kepada blokTuban.com, Jumat (28/9/2020).

Eko berharap beasiswa ini bisa segera diterima para penerima beasiswa, supaya bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan sekolah di masa Pandemi Covid-19.

Ahmad Syariful Wafa, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan mengapresiasi kesediaan para Koordinator Pendidikan Kecamatan yang telah mengkoordinir pembayaran zakat, infaq dan shodaqoh dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan.

Wakil Rais Syuriah PCNU Tuban ini juga berharap kesadaran berzakat di lingkungan ASN terus meningkat. Membayar zakat sebenarnya bukan untuk memenuhi kebutuhan mustahik saja, tapi sebaliknya muzakki (pembayar zakat)-lah yang membutuhkan untuk membayar zakat, karena dengan zakat itu berarti pembayar zakat telah mencoba mensucikan diri dan membersihkan hartanya.

Beasiswa diserahkan secara simbolis kepada 8 siswa-siswi sekolah/madrasah pada Selasa, 25 Agustus 2020 di ruang rapat Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

Dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Witono, perwakilan dari Kementerian Agama Tuban Moh. Anshori dan disaksikan oleh para Koordinator Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Tuban. [ali/rom]