Tim Gabungan Amankan Giat Muharram PSHT di Perbatasan Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Segenap tim gabungan dari Keoplisian, TNI, Brimob, beserta Satpol PP terus bersiaga dalam cipta kondisi kegiatan perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada bulan Muharram. Acara pengesahan warga batu perguruan silat yang dipusatkan di area Semanding Tuban, juga disiasati penjagaan ketat di masing-masing perbatasan wilayah.

Penjagaan paling ketat begitu terlihat di perbatasan Tuban selatan, persisnya di ujung selatan Desa Simo, Kecamatan Soko. Sebab, wilayah perbatasan ini merupakan akses utama yang digunakan konvoi para oknum yang sering bikin ricuh di jalan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Soko, AKP Noer Sento. Bahkan, dalam hari pertama pemberagkatan calon warga baru PSHT, didapati dua orang dari luar Tuban yang nyelonong memasuki kawasan Tuban.

"Dua orang tadi malam berusaha nyelonong masuk, tapi beruntung segera dihandle oleh Pamter dan kita imbau untuk kembali saja ke daerah asal. Dari Kedungadem Bojonegoro," kata Kapolsek Soko kepada blokTuban.com menjelaskan.

Masih kata Kapolsek, penjagaan di perbatasan Tuban selatan melibatkan segenap tim gabungan. Baik dari internal perguruan, yakni (Pasukan Pengaman PSHT) Pamter, Brimob, Koramil, dan juga kelompok relawan. Pada pada penjagaan pertama di perbatasan selatan Soko pada Selasa (25/8/2020) malam lalu. Pihaknya mengantisipasi kalau-kalau ada anggota perguruan yang ikut di acara pengesahan wilayah Bojonegoro.

Selanjutnya, pada penjagaan malam kedua, atau hari pertama acara pengesahan warga baru PSHT Tuban dilakukan, pihaknya tak mau lagi kecolongan seperti kejadian tahun lalu. Tim gabungan berikut personel dari Polsek Parengan, Singgahan, Soko, dan Renngel, meyebar di titik riskan. Hal itu dilakukan dalam upaya antisipasi.

"Juga sempat mau ada yang nyelundup dari luar Tuban juga, berhasil dicegah oleh tim kami beserta Pamter yang disiagakan di semua titik desa. Alhamdulillah, masih aman. Kita masih terus siaga mengamankan giat Muharram perguruan silat sampai selesai, nangi malam," pungkasnya, Rabu (26/8/2020). [feb/col]