Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah beberapa hari lalu berstatus zona orange, kini Kabupaten Tuban kembali menjadi zona merah Covid-19.

Berdasarkan data dari Situs covid19.go.id, pada Selasa (25/8/2020) Kabupaten Tuban dan Kabupaten Sidoarjo merupakan wilayah zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 di Jawa Timur.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyah menyatakan benar jika di Bersama Lawan Covid (BLC) atau situs www.covid19.go.id Kabupaten Tuban kembali menjadi zona merah.

Namun, data itu berbeda dengan rilis dari Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, berdasarkan rilis Satgas Covid-19 Jawa Timur pada Senin (24/8/2020) Tuban masih zona orange atau Risiko Sedang Penularan Covid-19.

"Ya kami menunggu rilis dari Provinsi nanti malam. Apakah masih sama seperti hari ini atau menyesuaikan BLC (Covid19.go.id)," terang Endah Kepada blokTuban.com.

Dia juga menjelaskan, ada 15 indikator suatu wilayah atau Kabupaten/Kota menjadi zona merah. Salah satu di antara 15 indikator tersebut adalah trend positif Covid-19 naik.

"Tren positif naik hanya salah satu di antaranya," pungkasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban Per 24 Agustus 2020, jumlah suspect yang masih dipantau ada 17 orang, jumlah komulatif terkonfirmasi positif 315 orang dengan penambahan baru berjumlah 7 orang.

Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia hari ini berjumlah 3 orang dan jumlah komulatif berjumlah 224 orang.[hud/col]