Tuban Zona Orange, Risiko Masih Tinggi

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menjadi zona orange,  Kabupaten Tuban masih berisiko tinggi penyebaran Covid-19 dan berpotensi virus tidak terkendali.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, zona orange secara kategori risiko masih tinggi dan juga berpotensi virus tidak terkendali. 

Sedangkan, secara tingkat transmisi Covid-19 terdapat tiga poin yaitu, transmisi lokal masih bisa terjadi cepat, transmisi imported case yang berpeluang terjadi secara cepat dan klaster - klaster baru yang harus dikontrol.

"Klaster baru seperti, beberapa pasien positif Covid-19 merupakan satu keluarga," ujar Endah, Jumat (21/8/2020).

Untuk itu ia berharap, masa adaptasi kebiasaan baru masyarakat tetep disiplin dengan protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah dan berjaga jarak.

"Juga rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," imbuhnya.

Diketahui, dari data peta sebaran hari Kamis (20/8/2020) pukul 18.00 WIB jumlah suspect sebanyak 21 orang. Sedangkan jumlah terkonfirmasi positif secara kumulatif sebanyak 291 orang dengan keterangan 218 orang sembuh, 37 meninggal dunia dan 36 masih dalam perawatan dan isolasi. [nid/col]