Kapolres Tuban Cek Kedisiplinan Protokol Kesehatan di Pusat Pelayanan Mapolres

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono bersama Wakapolres Tuban, Kompol Andi Yudha Pranata serta Kasi Propam IPDA Waheru melakukan pengecekan penerapan protokol kesehatan di pusat pelayanan Mapolres Tuban, Selasa (18/8/2020).

Pengecekan itu dilakukan untuk memastikan para anggota yang bertugas telah menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker maupun Face Shield serta memastikan tersedianya tempat cuci tangan, tes suhu, Hand Sanitizer.

Sesuai dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum protokol kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Polri diamanatkan 4 hal yaitu: membantu dan mendukung Pemda mengawasi penerapan protokol kesehatan bersinergi dengan TNI dan Instansi lain dalam menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan, melaksanakan pembinaan kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 serta  melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan.

"Jadi sebelum kepolisian mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Maka secara internal personel polri harus bisa memberikan contoh salah satunya di lingkungan internal," ungkap AKBP Ruruh.

Disamping itu, sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/495/VIII/KES.7./2020 tentang peningkatan disiplin masyarakat dalam penggunaan masker maka akan dilaksanakan selama 1 (satu) bulan mulai tanggal 24 Agustus sampai dengan 24 September 2020.

Diharapkan, dengan kegiatan itu dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Polres Tuban serta menjaga masyarakat yang membutuhkan pelayanan di polres juga dijamin telah mendapatkan pelayanan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Diketahui, pada kesempatan itu Kapolres juga memberikan masker kepada personel yang sedang bertugas. "Secara umum hasil pengecekan, personel sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker. Tadi kita bagi lagi masker untuk cadangan," pungkas Kapolres.[hud/ito]