Tak Punya Kuota Internet, PC Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tuban mengupayakan penyediaan WiFi gratis bagi para peserta didik di Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Upaya ini sebagai terobosan masalah yang dihadapi orang tua peserta didik yang memiliki keterbatasan pembelian kuota internet.

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Tuban, Ahmad Ja'far Ali mengungkapkan, langkah nyata para kader Ansor di beberapa pimpinan anak cabang (PAC) ini diklaim dapat menjembatani PD tetap bisa belajar di saat pandemi Covid-19. Hingga saat ini sudah ada 26 titik dan masih akan terus bertambah.

"Titiknya tersebar di posko maupun rumah kader Ansor," ungkap Gus Afa, sapaan akrabnya dalam rilisnya, Jum'at (14/8/2020).

Dijelaskan Gus Afa, beberapa Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang sudah melaksanakan seperti PAC Kerek, Singgahan, Rengel Plumpang, Bangilan, Merakurak, Widang, Montong, Tuban Kota, Jatirogo, palang, Parengan, Soko, dan Senori. Lewat gerakan ini, Ansor memfasilitasi jaringan internet secara cuma-cuma.

"Program WiFi Gratis untuk PD sengaja dicanangkan sebagai respons inisiasi Pimpinan Pusat Ansor atas dinamika sosial yang dialami masyarakat saat pandemi ini," imbuhnya.

Program WiFi gratis merupakan bentuk tanggungjawab sosial Ansor demi cita-cita Indonesia untuk mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu semua kader satu komando untuk menggelar program ini di masing-masing tingkatan.

"GP Ansor mendorong untuk semua pihak, untuk bisa membantu kelancaran PJJ, sebab masih dimungkinkan wilayah yang belum tersentuh," pungkasnya. [ali/rom]