Hari Pramuka ke-59, Kwaran Pramuka Montong Upacara di Api Abadi Maindu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Montong menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-59.

Upacara tersebut dilaksanakan di kawasan Api Abadi Desa Maindu kecamatan setempat dengan menerapkan protokol kesehatan, Jumat (14/8/2020).

Mabiran Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Montong, Suwoto menyampaikan, upacara dalam rangka Hari Pramuka ini dilaksanakan di kawasan Api Abadi Desa Maindu dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Mengingat adanya Covid-19, kegiatan upacara Hari Pramuka dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Tanpa meninggalkan eksistensi dan tugas kita sebagai aparatur pemerintah dan sebagai pramuka dimana kita tetap harus menunjukkan eksistensi kita," kata pria yang juga menjabat sebagai Camat Montong tersebut.

Dia menambahkan, selain melaksanakan upacara Hari Pramuka, dalam kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti apa yang menjadi perintah dari Pemerintah Pusat maupun Pemprov dan Pemkab terkait dengan pemakaian masker.

"Kecamatan Montong bersama rekan-rekan Pramuka sudah mendistribusikan ribuan masker ke masyarakat. Dan hari ini kita menindaklanjuti terkait pembagian masker," imbuhnya.

Dia menambahkan, upacara Hari Pramuka tersebut dilaksanakan di kawasan Api Abadi Desa Maindu lantaran tempat ini bagus untuk dijadikan wisata serta pada sekitar tahun 1999 pernah dilaksanakan kegiatan Pramuka di sini.

"Kami berharap, setelah situasi Covid-19 ini reda kami ingin melaksanakan kegiatan pramuka atau perkemahan disini," pungkasnya.

Sementara itu, Nur Anif Wijaya Ketua Kwaran Pramuka Kecamatan Montong menambahkan, kegiatan upacara Hari Pramuka ke-59 tahun ini dilaksanakan di kawasan Api Abadi Desa Maindu. Sebab, beberapa tahun yang lalu lokasi ini pernah menjadi salah satu tempat perkemahan di Kecamatan Montong.

"Kegiatan upacara Hari Pramuka dilaksanakan di Api Abadi Desa Maindu. Karena beberapa tahun lalu lokasi ini pernah menjadi tempat perkemahan dan harapannya lokasi ini bisa menjadi bumi perkemahan di wilayah Montong," pungkasnya. [hud/rom]