Daging BPNT Busuk, Begini Komentar PMII

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Pelaksanaan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diluncurkan bertujuan sebagai upaya untuk menyalurkan bantuan pangan agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu.

Akan tetapi tujuan pemerintah pusat dengan kenyataan di lapangan bertolak belakang. Praktik di lapangan, belum sesuai dengan harapan dan aturan-aturan yang ada.

Pelaksanaan BPNT tidak sesuai pedum yang ada. Padahal sudah jelas di dalam pedum bahwa prinsip pelaksanaan program BPNT salah satunya memberikan pilihan dan kendali kepada KPM untuk menentukan waktu pembelian, jenis, jumlah dan kualitas bahan pangan.

Wakil Ketua 2 Bidang Advokasi PC PMII Tuban, Mashuri kepada blokTuban.com, Kamis (13/8/2020) mengatakan sungguh keterlaluan. Sudah sering rotes kinerja pelaksanaan BPNT disampaikan, namun tetap semrawut dan tidak sesuai ketentuan.

"Mulai dari kualitas, harga dan lain sebagainya. Pokoknya semerawut, ini bukan proyek kemiskinan untuk mencari keuntungan. Semua sudah ada aturan dan ketentuannya," terangnya.

Mashuri menegaskan sampai kapan pun, PMII akan terus menyuarakan dan protes jika program ini masih belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

PMII berharap pihak-pihak yang terkait segera bisa mengambil langkah dan tindakan, karena ini urusannya dengan kebutuhan warga miskin yang tentunya kurang mampu.

"Kejadian di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu jangan terulang lagi. Tujuannya agar tidak ada lagi KPM yang dipaksa lagi menerima daging dengan kualitas buruk.

Terakhir kata dia, perlu diingat kepada para supliyer agar memberikan hak KPM sesuai dengan pedum. BNI juga harus serius membina agennya. 

‘’Begitupula Dinsos juga jangan asal-asalan mendidik pendamping BSP/TKSK nya agar punya komitmen memperjuangkan KPM,’’ tambah dia.

Mashuri minya pendamping jangan hanya sibuk mengurus bisnis BPNTnya. Sementara lupa dengan programnya. 

‘’Lebih parah lagi kalau menjadi bagian pengatur bisnis tersebut, dan itu jangan sampai,’’ tegasnya.

Kalau praktik seperti ini dibiarkan, lanjutnya, maka bantuan sebesar apapun yang diberikan pemerintah pusat tidak akan membawa dampak bagi pengurangan kemiskinan di Kabupaten Tuban. Sampai saat ini  Tuban masih rangking 5 kabupaten termiskin di Jatim.

"Kalau semuanya hanya berfikir BSP adalah bisnis semata, bukan salah satu program pengentasan kemiskinan yang harus jelas kontribusinya terhadap pengentasan kemiskinan maka taqobbalahhu minna waminkum taqobbal yaa kariem," tegas dia. 

Sementara itu, Plt Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Tuban, Joko Sarwono hari ini sudah mengirimkan timnya untuk menindaklanjuti temuan daging busuk di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.

"Seketika itu daging busuk langsung diganti dengan yang segar," tandasnya. [ali/ono]