Pilkada Serentak, Pangdam Brawijaya: Netralitas TNI Harga Mati 

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Panglima Kodam (Pangdam) V/Bawijaya, Mayor Jendral TNI Widodo Iryansyah menyatakan netralitas prajurit TNI dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 pada 9 Desember mendatang adalah harga mati.

Hal itu disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya saat berkunjung di Kabupaten Tuban dalam rangka meninjau sejumlah bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Tuban.

"Harga mati, TNI tidak boleh memihak mana-mana. Harus netral, itu sudah petunjuk dari pimpinan," terang Mayor Jendral TNI Widodo Iryansyah, Rabu (5/8/2020).

Dia juga menegaskan, dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 nanti TNI akan membantu penuh Polri untuk mengamankan jalannya Pilkada.

 "Yang jelas TNI membantu Polri untuk mengamankan jalannya Pilkada," tandasnya.

Sementara itu, sekadar diketahui, terdapat 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

19 Kabupaten/Kota tersebut yaitu, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Ngawi.

Kemudian Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Kediri.[hud/ono]