Idul Adha, Berkah Bagi Pengepul Kulit Hewan Kurban

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Momentum Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan berkahnya bagi para pengepul kulit hewan di sekitar pasar hewan Tuban. Meski salat Idul Adha telah berlalu, namun masih banyak masyarakat yang menyebelih hewan kurbannya sampai detik ini.

Salah satu pengepul kulit hewan, Agus (45) mengatakan,  selama hari H perayaan Hari Raya Idhul Adha sampai H+3, dalam sehari ia bisa menerima 300 sampai 1.000 kulit sapi dan kambing. 

"Ramai - ramainya sampai hari ini (H+3 Hari Raya Idul Adha), besok sudah kembali seperti biasa,"ujar Agus (45). Minggu,(2/8/2020).

Leh lanjut, harga kulit yang diterimanya bervariasi, untuk kulit sapi kualitas bagus persatukilogramnya dihargai Rp6000  dan kulit kambing perbijinya dihargai Rp20.000.

"Lebih mahal kulit kambing,  karena  digunakan untuk sepatu dan baju," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan pengepul lainnya Ajik (49),  momentum Idul Adha berkah tersendiri baginya karena,  omzet yang diterima naik 100 persen dari hari biasa.

"Alhamdulillah berkah Idul Adha, omzet naik 100 persen," imbuhnya.

Ia menambahkan, nantinya kulit hewan tersebut setelah dibersihkn akan dikirim ke pabrik yang ada di Sidoarjo dan Surabaya.

 "Dari pabrik langsung datang ke rumah, untuk mengambil," tandasnya. [nid/col]