Positif Covid-19, 22 Orang di Tuban Meninggal

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban masih cukup dinamis. Angka kesembuhan pasien dalam beberapa hari masih disusul dengan adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru. Dari 17 pasien baru kemarin, 2 di antaranya sudah meninggal dunia saat berstatus suspek.

Adanya pasien suspek meninggal dunia yang berubah status menjadi terkonfirmasi positif Meninggal dunia, hari Rabu (29/7) kembali bertambah, bahkan keempat orang terkonfirmasi baru hari ini berasal dari suspek yang sudah meninggal dunia sebelumnya.

"Saat berstatus suspek, keempat orang tersebut sudah dilakukan tes swab. Sebelum hasilnya keluar yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Hasil tes swabnya keluar dengan hasil positif," terang juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, Kamis (30/7/2020).

Adapun keempat orang tersebut menurut Endah Nurul adalah perempuan (49) asal Plumpang, perempuan (66) asal Jenu, perempuan (45) asal Senori dan perempuan (61) asal Tuban.

Jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban adalah sebanyak 203 orang dengan 22 orang meninggal dunia, 43 orang masih dalam perawatan dan isolasi serta 138 orang sembuh. Sedangkan untuk suspek hari ini berjumlah 7 orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini, menambahkan angka kesembuhan saat ini sudah cukup tinggi dan masih berkesempatan untuk lebih meningkat lagi. Kuncinya adalah penerapan protokol kesehatan yang disiplin di mana pun dan kapan pun, sehingga tidak ada lagi penambahan  kasus terkonfirmasi baru.

"Dengan semakin meningkatnya angka kesembuhan, harapannya Zona Orange yang sekarang masih disandang oleh Kabupaten Tuban segera menjadi Zona Kuning dan harapannya segera menjadi zona hijau," tandas Endah Nurul. [ali/ono]