Pastikan Sesuai Regulasi, Ketua KPU RI Pantau Tahapan Coklit di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman memantau langsung tahapan Pencocokan dan Penelitihan (Coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Tuban, Minggu (26/7/2020).

Pemantauan tahapan Coklit yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tersebut dilakukan oleh Ketua KPU RI bersama rombongan di Kelurahan Latsari, Kecamatan /Kabupaten Tuban, tepatnya di Sekretariat Organisasi Disabilitas Tuban (Orbit).

Pada kesempatan itu, Arief Budiman menyampaikan, kegiatan pemantauan tahapan Coklit tersebut merupakan salah satu program dari KPU RI. Adapun sasarannya dilakukan secara acak disejumlah wilayah di Indonesia.

"KPU mau memastikan apakah penyelenggaran pemilu dalam hal ini PPDP mampu menjalankan tugasnya sesuai regulasi yang berlaku. Makanya saya cek, betul atau tidak PPDP ini melakukan pemutakhiran data sesuai dengan panduan kita," terang Arief Budiman di Sekretariat Orbit Kabupaten Tuban.

Selain itu, pemantaun tahapan Coklit pada massa Pandemi Covid-19 ini juga merupakan bagian dari KPU RI untuk memberikan sosialisasi serta memberikan edukasi kepada penyelenggara pemilu atau kepada pemilih.

"Ini bagian dari sosialisasi dan edukasi kita kepada semuanya, termasuk kepada penyelenggara ataupun pemilih," tandas Arief.

Dia menyebutkan, pada tahapan pemutakhiran data pemilih ini. KPU RI melakukan dengan dua cara, yang pertama door to door sebagaimana ketentuan undang-undang. Selanjutnya, KPU juga memberikan layanan online melalui Website lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

"Jadi pemilih bisa mengecek disitu apakan namanya ada atau tidak, kalau belum ada silahkan lapor atau kemungkinan ada kesalahan nama dan alamat. Diharapkan dengan dua cara ini bisa menghasilkan data yang akurat," pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam kegitan itu turut hadir seluruh Komisionar KPU Kabupaten Tuban dan PPK setempat serta perwakilan Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban.[hud/ito]