Tebar Benih Ikan Bersama Demi Kelestarian Ekosistem Waduk Ngerong

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menjaga kelangsungan ekosistem lingkungan, merupakan tanggungjawab bersama. Potensi alam, juga segala sumber daya yang ada harus tetap dijaga. Hal itu senada dengan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pekuwon, Kecamatan Soko.

Demi menjaga kelangsungan ekosistem serta Sumber Daya Alam (SDA) kawasan sendang Ngerong di Pekuwon, mahasiswa iKKN itu bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Pekuwon menebar puluhan ribu benih ikan disepanjang titik aliran sendang Ngerong, Minggu (19/7/2020).

Dalam kegiatan itu, dihadiri pula oleh Kepala Desa (Kades) Pekuwon, Babinsa, Bhabinkamtibmas, beserta perwakilan siswa-siswi dari Taman Kanak-Kanak maupun Paud Desa Pekuwon.

Kades Pekuwon, Aksin sangat memberikan apresiasi langkah mahasiswa yang mau menebar benih ikan dengan jenis Nila dan Bader. Ia juga mengatakan jika tebar benih di area sendang Ngerong sudah sering dilaksanakan dengan tujuan melestarikan ikan di sungai

"Masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan ikan-ikan yang berada di Sendang Ngerong," kata Aksin mengimbau.

Kades Aksin menyadari, besarnya potensi sumber mata air atau sendang yang manfaatnya sangat cukup digunakan oleh masyarakat setempat, baik digunakan untuk pengairan kebun, juga kebutuhan sehari-hari, bakal terus ditingkatkan. Untuk progres mendatang, dijadikan destinasi wisata desa yang khas untuk masyarakat umum.

Koordinator KKN UINSA, Ivan mengaku punya target melaksanakan pemberdayaan ekowisata Sumber Daya Masyarakat melalui penerapan pencegahan virus Covid-19 di era new normal pada masyarakat Desa Pekuwon. Yakni dengan cara tebar benih ikan nila dan bader bersama segenap lingkup Desa Pekuwon.

"Jenisnya nila dan bader. Kita bersama-sama tebar benih ikan, sekitar dua ribu benih ikan. Semoga bermanfaat, dan ke depan bisa lebih maju lagi," tuturnya. [feb/ito]