Kampanye Gemarikan di Daerah Stunting Tertinggi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan menyelenggarakan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kampanye itu  dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Semanding, Jumat (17/7/2020).

Kampanye Gemarikan yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan tersebut diselenggarakan di Kecamatan Semanding. Sebab, Semanding menjadi daerah rawan pangan dan mempunyai tingkat stunting tertinggi di Bumi Wali.

"Khusus kegiatan Gemarikan ini disasarkan kepada daerah atau kecamatan yang tingkat stuntingnya tinggi. Jadi kami ingin berkontribusi terhadap pengentasan stunting di Kabupaten Tuban," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, M. Amenan.

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini terdapat 150 paket produk olahan ikan yang dibagikan kepada ibu-ibu yang anaknya masuk daftar stunting dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban.

"Kita bagikan kurang lebih 150 paket olahan ikan kepada anak-anak yang masuk dalam daftar stunting," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Semanding Danarji mengungkapkan, tingginya angka stunting di Kecamatan Semanding ini dimungkinkan karena kurangnnya pemahaman orang tua. Sehingga, dengan adanya kampanye gemarikan ini masyarakat akan lebih faham terhadap gizi anak.

"Dengan adanya kegiatan dan pembagian bantuan olahan ikan ini diharapkan bisa mengurangi angka stunting di Kecamatan Semanding," pungkas camat.[hud/ono]