OTG Dominasi Penambahan Kasus Positf COVID-19 di Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 18 orang atau, secara kumulatif saat ini sudah 149 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan kasus terbanyak dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

 Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Endah Nurul Komariyati mengatakan, penambahan 18 tersebut dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Selain itu, juga masih didominasi Orang Tanpa Gejala (OTG). 

"Dari 18 pasien konfirmasi positif baru, satu berasal dari ODP, 5 PDP dan sisanya 12 orang dari OTG," ujar Endah. Rabu,(15/7/2020).

Lebih lanjut, Orang Tanpa Gejala (OTG) didominasi dari Kecamatan Plumpang. Dimana lima orang di antaranya berasal dari 1 keluarga.

"Itu bisa membentuk klaster baru," ujarnya.

Berdasarkan hasil dari  tim tracking gugus tugas di lapangan, salah satu anggota keluarganya mempunyai riwayat perjalanan dari luar kota. 

"Update terbaru, anggota keluarganya punya riwayat perjalanan luar kota," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau hal ini harus menjadi kewaspadaan bersama bahwa penyebaran Covid-19 sangat dimungkinkan terjadi dari orang terdekat, terutama keluarga. Perlu waspada bila ada anggota keluarga yang bekerja atau memiliki riwayat bepergian dari luar kota. Selain itu, penerapan protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin terutama oleh orang yang beraktivitas di luar rumah atau di keramaian. 

"Ketika sesampainya di rumah harus terlebih dahulu membersihkan diri, berganti pakaian dan memastikan sudah benar-benar bersih sebelum bercengkerama dengan keluarga tercinta," tuturnya.

Jubir sekaligus Sekretaris Dinkes Tuban ini juga menambahkan, pemakaian masker juga perlu diperhatikan agar tetap disiplin tanpa membuka atau menurunkan ke dagu terutama bila berhadapan dengan orang lain.

"Jagan lupa untuk setiap hari mencucinya, apabila usai digunakan," ungkapnya.

Berdasarkan peta sebaran yang dirilis   pada Selasa, (14/7/2020) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, jumlah kumulatif pasien konfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 149 orang dengan keterangan 52 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia dan 86 masih dalam perawatan dan isolasi.

Dari PDP secara kumulatif sebanyak 128 orang dengan keterangan 65 orang sembuh, 34 orang meninggal dunia dan 29 orang masih dalam pengawasan. Dan untuk ODP hari ini masih tersisa 19 orang dari 665 orang ODP secara kumulatif. [nid/col]