Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di PT. Kirana Food International (KFI) di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Rabu (8/7/2020).

Dalam kunjungan itu, Menteri Edhy memantau langsung poses pengolahan ikan di PT. KFI serta melepas 4 Truk Kontainer berisi hasil olahan ikan yang akan di ekspor keluar negeri.

Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut mengklaim, ke 4 Truk Kontainer yang dilepas tersebut merupakan Kontainer Ke-87, 88, 89 dan 90 yang mengangkut hasil olahan ikan dari PT. KFI di Tuban.

"Ini saya mengunjungi PT. KFI di Tuban, dalam kesempatan ini saya melihat langsung proses pengolahan ikan sekaligus melepas langsung kontainer berisi hasil olahan ikan yang ke 87, 88, 89 dan 90," terang Edhy Prabowo kepada media.

Lebih lanjut, Edhy menjelaskan PT. KFI yang baru beroperasi enam bulan ini mempunyai potensi yang luar biasa. Sehingga, akan terus didorong guna untuk meningkatkan produksi serta meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Menurutnya, untuk bahan baku ikan yang diproduksi di tempat pengolahan ini sebagian besar diambil dari Indonesia. Sehingga, hasil produksi ikan dari nelayan di Indonesia termasuk di Kabupaten Tuban bisa diolah di sini.

"Jadi semua jenis hasil ikan yang dihasilkan diseluruh Indonesia bisa proses disini. Karena ini bentuk teknologi yang maju dan modern," jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor hingga sampai 10 persen, karena permintaan hingga saat ini cukup tinggi.[hud/ito]