Ratusan Warga Cepokorejo Minta Tambak Udang Tak Berizin Ditutup

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan warga Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mendatangi Kantor kecamatan setempat. Ratusan warga tersebut datang ke kantor kecamatan untuk menyampaikan keluh kesahnya terkait dampak tambak udang di desa setempat, Kamis (2/7/2020).

Ratusan warga tersebut datang ke kantor kecamatan untuk menuntut agar sejumlah Tambak Udang yang beroprasi di desa setempat ditutup lantaran menyebabkan air warga menjadi asin.

Pantauan blokTuban.com, ratusan warga datang dengan membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan: "Sawah Butuh Air Adem, Bukan Air Asin", "Rakyat Turun Ke Jalan, Bukti Pemerintah Tidak Beres" "Tambak Merusak Sawah Kita #Tutup" "Air Asin Petani Menangis #Save Cepokorejo"

Salah satu warga Cepokorejo, Hadi menyampaikan kedatangan warga di kantor kecamatan ini untuk menuntut agar usaha tambak udang yang tidak memiliki izin di tutup. Sebab, dampaknya mengakibatkan air warga menjadi asin.

"Kami mohon tambak udang yang tidak memiliki izin untuk ditutup. Sedangkan, tambak udang yang memiliki izin kita biarkan untuk beroprasi," terang Hadi kepada sejumlah wartawan.

Dia menambahkan, selama ini warga telah memberikan kesempatan 4 bulan kepada pengusaha tambak udang agar yang tidak berizin mengurus izin dan mentaati aturan yang ada. "Tapi mereka malah tabur kembali, itukan artinya mereka tidak menghargai warga," tandasnya.

Sementara itu, Camat Palang Rohmad Mustofa saat audiensi bersama warga dan dinas terkait menyampaikan akan memperhatikan tuntutan warga dengan melakukan penutupan sementara bagi pengusaha tambak udang yang tidak mempunyai izin.

"Bagi pengusaha tambak udang yang belum memiliki izin, maka akan segera kita menon aktifkan kegiatannya dan silahkan mereka untuk mengurus izin setuntas mungkin baru bisa beroperasi kembali. Ini tentunya kebijakan yang bisa saya ambil," kata Camat Palang saat audiensi.

Sementara itu, dalam audiensi itu turut hadir Forkopimka Palang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Dinas Perizinan serta Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban.[hud/ito]