Dampak Covid-19, Pelaksanan Ujian Perangkat Desa Belum Pasti

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya, 60 desa di Kabupaten Tuban bakal melaksanakan rekrutmen perangkat baru tahun 2020. Pelaksanaan rekrutmen tersebut telah melalui berbagai tahapan dan tinggal menunggu pelaksanaan tes atau ujian.

Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa Dispemas KB Tuban, Suhut  menyampaikan, berbagai tahapan rekrutmen perangkat desa telah dilaksanakan, mulai pembentukan panitia rekrutmen perangkat desa hingga pendaftaran peserta.

Namun, karena adanya wabah Covid-19 akhirnya tahapan pelakanaan ujian yang pada jadwal awal digelar 21 April kemarin ditunda hingga waktu yang belum dipastikan.

"Semua tahapan atau proses sudah selesai tinggal ujian, karena ada Virus Corona sehingga waktu ujiannya harus menyesuaikan," terang Suhut saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (2/6/2020).

Dia menambahkan, pelaksanaan ujian tersebut ditunda lantaran dalam pelaksanaanya pasti akan mengumpulkan orang dalam jumlah yang cukup besar sehingga masih menyesuaikan. 

"Belum ada keputusan untuk pelaksanaan ujian dan masih melihat Sikon Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu, terkait hal ini pihaknya juga telah melakukan diskusi dengan kecamatan dan RT-RT. Mereka mengusulkan agar pelaksanaan ujian dilakukan Bulan September atau November. [hud/lis]