Usai Kampung Tangguh, Polres Tuban Rencanakan Pesantren Tangguh

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -  Proses penilaian Kampung Tangguh Semeru pada masing-masing desa di kecamatan se-Kabupetan Tuban hampir rampung. Selepas itu, pencanangan giat Pesantren Tangguh segera diagendakan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tuban AKBP Ruruh Wicaksono usai menghadiri peresmian Kampung Tangguh Semeru yang ada di Dusun Singkal, Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, Selasa (23/6/2020) siang tadi.

"Pesantren tangguh sedang kita rencanakan. Ada beberapa pesantren yang nanti akan kita agendakan pesantren tangguh," kata Kapolres Tuban kepada blokTuban.com usai kegiatannya.

Ditambahkan Kapolres asal Ngawi Jawa Timur itu, hari ini ada rapat dengan Bupati Tuban yang membahas tentang Pesantren Tangguh. Dalam forum itu juga mengundang pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Tuban.

"Pak Bupati sudah mengeluarkan Surat Edaran yang merujuk pada Surat Edaran dari Gubernur. Dari kabupaten nanti akan mengundang pengurus pesantren, pengasuh, dan ada rumusan-rumusan yang mengatur tentang santri, pondok, pengurus dan lainnya," tandasnya.

Sekedar diketahui, sebelum pembahasan Pesantren Tangguh, Kapolres telah melakukan penilaian pada 19 titikKampung Tangguh yang ada di Kabupaten Tuban. Dan tinggal 1 wilayah lagi, yakni Kecamatan Jatirogo yang bakal ditinjau besok Rabu (24/6/2020) oleh Forkopimda Tuban beserta tim.

Setelah giat Kampung Tangguh Semeru pihaknya bakal melakukan evaluasi pelaksanaan. Ada juga tim asistensi dari Polres maupun Polda yang bertugas. Maka dari itu Kampung Tangguh diharapkan bisa berkelanjutan, tidak hanya pada masa pandemi saja. [feb/ito].