Tiga Hari Meninggal, PDP Grabagan jadi Positif

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tiga perempuan di Kabupaten Tuban dinyatakan positif, setelah hasil RT-PCR keluar. Secara kumulatif total jumlah kasus positif di Tuban ada 88 pasien.

Dari tiga kasus baru ini, satu pasien meninggal. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan kasus positif yang terkonfirmasi rinciannya SM perempuan 45 tahun, asal Kecamatan Jatirogo, konfirmasi dari PDP, pasien dirawat di RSUD Koesma.

Ada lagi R perempuan 61 tahun asal Kecamatan Grabagan, konfirmasi dari PDP. Pasien ini telah meninggal pada (17/6/2020) pukul 01.30 Wib. Terakhir EN perempuan 20 tahun juga dari Kecamatan Jatirogo. Pasien ini dirawat di RSAM.

Peta sebaran Corona di Kabupaten Tuban per tanggal 19 Mei 2020, Kecamatan Palang masih menjadi top skor dengan 18 pasien positif dan dua di antaranya sembuh. Disusul Kecamatan Tambakboyo dengan 14 kasus dan delapan sembuh.

Top skor ketiga Kecamatan Widang dengan delapan kasus. Kecamatan Tuban enam kasus dan empat diantaranya sembuh. Kecamatan Soko, Montong, Grabagan, dan Jatirogo masing-masing dengan lima kasus.

Kecamatan Semanding, Merakurak, Plumpang, Bancar, Kerek, dan Jenu masing-masing dengan tiga kasus. Parengan dan Senori masing dua kasus dan kecamatan lainnya belum ada kasus positif.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 649 pasien. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 88 orang dengan 51 pasien sudah sembuh.

Endah Nurul kembali mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, namun tetap tidak panik. 

Yang harus dilakukan adalah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting, namun jika harus berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing menghindari berhadapan.

"Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain serta disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin," serunya. [ali/ono]