Puncak Haul Agung Asmoro Qondi Diperingati Sederhana

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peringatan Haul Agung Syekh Maulana Ibrohim Asmoro Qondi di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban digelar setiap tanggal 20 Syawal. Puncakya, panitia menggelar pengajian akbar dengan mendatangkan dai ternama di nusantara.

Tahun ini, di tengah pandemi Covid-19 rangkaian pelaksanaan Haul Agung ayah Sunan Ampel tersebut dilakanakan dengan sederhana dan hanya melibatkan masyarakat sekitar dengan mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Rangkaian acara haul sudah dimulai kemarin mas. Pelaksanaannya sendiri diikuti oleh warga sekitar lingkungan makam dengan sederhana," terang Ketua Yayasan Masjid Ibrohim Asmoro Qondi, Sukardi saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sukardi menambahkan, dengan kondisi ditengah pandemi Covid-19 ini. Semua rangkaian pelaksanaan haul hingga puncak dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Rangkaian kegiatan haul dari awal sampai akhir tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah," tandas pria yang juga menjabat sebagai Kadus tersebut.

Adapun untuk jadwal rangkaian haul Syekh Maulana Ibrohim Asmoro Qondi tetap seperti pada tahun sebelum-sebelumnya. Mulai dari Tahtimul Qur'an Bil Ghoib dan Tahtimul Qur'an Bin Nadhor, Tahlil Bersama yang dilaksanakan pada (11 Juni 2020).

Kemudian, pada malam harinya dilaksanakan kegiatan salawatan bersama. Kemudian pada Jumat (12/6/2020) pagi dilanjutkan dengan Khitanan Massal yang diikuti masyarakat sekitar.[hud/ito]