Pesantren akan Aktif Kembali, PMI Lakukan Penyemprotan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebentar lagi Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Tuban dibuka kembali aktifitasnya. Sebelum itu, hari ini Kamis (11/6/2020), PMI Kabupaten Tuban melakukan penyemprotan disinfektan di Ponpes yang berada di Kecamatan Tuban, Jenu, Semanding dan Palang.

Salah satu sasaran penyemprotan adalah Ponpes Ash Shomadiyah di Kecamatan Tuban. Kepala Markas PMI Tuban Rifan menjelaskan, sesuai surat edaran dari PMI Provinsi Jatim, bahwa pondok pesantren mau membuka aktifitasnya sehingga menginstruksikan ke PMI kabupaten/kota untuk menyemprot pondok pesantren tersebut.

"Ponpes di empat kecamatan sasaran kami," terang Rifan.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ash-Shomadiyah di Jalan KH. Agus Salim, Tuban, Riza Salahuddin Habibi menambahkan, pihak Pesantren Ash Shomadiyah siap menjalankan new normal dengan disiplin protokol kesehatan.

Dimulai dengan bekerjasama dengan PMI Tuban melalui pelaksanaan penyemprotan disinfektan. Adapun titik yang disterilkan mulai dari ruang kelas, kamar santri, hingga masjid.

Yang lebih penting, guru dan dewan lebih dahulu diedukasi dan dipahamkan tentang kehidupan new normal. Karena gurulah yang berinteraksi langsung dengan para santri/siswa.

Diketahui, jumlah santri yang mukim di pesantren kurang lebih 150 orang. Mereka berasal dari Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Rembang Jawa Tengah. [ali/rom]