Di Kampung Tangguh, Sembuh dari Corona Diberi Bunga Disambut Warga

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabar gembira satu lagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tuban sembuh. Pasien perempuan ini langsung dijemput oleh Kepala Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Z. Arief Rahman Hakim dari tempat isolasi, Rabu (10/6/2020). 

Ekspresi haru nampak dari sorot mata perempuan berkerudung orange tersebut. Tiba di desa, tim Satgas Covid-19, TNI, Polri, dan warga menyambutnya. 

Pasien yang sembuh dari corona langsung sujud syukur, karena telah diberi kesembuhan. Sekretaris Desa (Sekdes) Socorejo, Wintayah Putri bersama perangkat desa dan masyarakat langsung memberi bunga sebagai tanda kasih sayang dan dukungan untuk hidup normal. 

"Terimakasih atas dukungan warga, Kades dan pemerintah desa," terang Kasiati pasien corona yang sembuh. 

Hasil tes swab Kasiati negatif dan telah menjalani isolasi 14 hari. Kades Arief meminta warga untuk tidak mengucilkan dan tidak memberi stigma negatif pada keluarga pasien. 

Sebagai wujud dukungan, Kades didampingi Satgas, TNI dan Polri memeluk pasien. Bukti bahwa corona bukan aib dan harus didukung supaya imun dan mental kembali pulih. 

"Ini sebagai edukasi bahwa warga harus menerima kembali mereka di lingkungannya," terang Kades Arief. 

Diketahui, Socorejo menjadi desa pertama yang diresmikan sebagai Kampung Tangguh Semeru oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Selain itu, dipilih langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono. 

Salah satu kemandirian kampung tangguh, memiliki relawan pencegahan dan penanganan corona, hingga pemakaman jenazah. Karena sebelumnya telah diberi ketrampilan sesuai protokol kesehatan. 

Selain itu, memiliki lumbung pangan sebagai pengontrol ekonomi desa. Bagi warga yang mampu bisa berdonasi Sembako untuk kemudian dibagikan ke keluarga yang membutuhkan. [ali/rom]