3 Pedagang Dinyatakan Positif, Besok Pasar Bongkaran Ditutup

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Berdasarkan hasil rapid test massal yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu, dan tindak lanjut penanganannya terdapat tiga orang pedagang yang dinyatakan positif.

 

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya mengatakan setelah dikoordinasikan dengan paguyuban pedagang Pasar Bongkaran belakang Pasar Baru Tuban, disepakati untuk dilakukan penutupan pasar Bongkaran.

 

"Pelaksanaan penutupan mulai senin tanggal 8 Juni jam 06:00 wib sampai selasa tgl 9 Juni jam 18:00 wib," terang Agus Wijaya kepada blokTuban.com, Minggu (7/6/2020).

 

Lokasi penutupan sepanjang jalan tembus belakang Pasar Baru Tuban dan pertigaan menuju Goa Akbar. Sasaran penutupan adalah aktivitas jual beli sepanjang ruas jalan yang ditutup.

 

Selanjutnya untuk akses mobil penumpang umum (MPU) dialihkan dari lampu merah pabrik kapur lurus tidak menuju jalan tembus belakang Pasar Baru.

 

Tindak lanjut selama penutupan dan pasca, adalah penempatan posko bersama (TNI, Polri, Satpol PP, paguyuban pasar) untuk filtersasi pedagang dan pengunjung berkaitan ketaatan terhadap protokol pencegahan covid-19.

 

"Aktivitas selama penutupan, sterilsasi dengan penyemprotan disinfektan oleh BPBD dan penataan physical distancing pedagang," imbuh mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab.

 

Peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 4/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 635 orang dengan keterangan sebanyak 528 orang selesai pemantauan dan 107 orang masih dalam pemantauan.

 

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 67 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 30 orang sembuh, 16 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 21 orang.

 

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 55 orang, terdiri dari 9 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, dan 43 orang dalam perawatan/ isolasi. [ali/ono]