Kemenag Tuban Awali Tugas Ukur Arah Kiblat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi memenuhi permohonan pengukuran arah kiblat dari panitia pembangunan Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban di hari pertama berlakunya Work From Office (WFH) telah terjun ke lapangan dalam rangka memenuhi permohonan tersebut, Jumat (5/6/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan jika layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan umat dalam beribadah.

"Untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak pengurus masjid atau musala diminta mengajukan surat permohonan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban, melalui petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ungkapnya.

Setelah surat itu diterima dan dipelajari, Kemenag akan menugaskan timnya di Penyelenggara Syari'ah. Kemudian  Penyelenggara Syari’ah  menugaskan tim pengukuran arah kiblat. Pada saat pengukuran arah kiblat dilakukan, pengurus masjid dan musala harus hadir  sebagai saksi dan pihak yang mengusulkan.

Ketua BHR Kabupaten Tuban, Mashari yang secara langsung ikut pengukuran arah kiblat ini  menambahkan, bahwa pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak.

"Sebentar lagi akan di mulai pembangunan masjid An-Nur, maka pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak," imbuhnya.

Sementara itu, menurut panitia pembangunan masjid, Sudarmani mengatakan, masyarakat setempat khususnya RT.04/RW.02 di lingkungan Ngesong, dusun Tlogonongko belum memiliki masjid sendiri. Masyarakat setempat jika sholat jumat masih harus ke dusun Tlogonongko yang jarak tempuhnya 1 km.
 
Pihakya berharap mudah-mudahan dengan akan dimulai pembangunan masjid di tempat ini masyarakat semakin giat dalam beribadah kepada Allah SWT. Selaku panitia, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim BHR Kabupaten Tuban atas bantuan pengukuran arah kiblat ini.

Adapun data hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid AN-NUR adalah sebagai berikut :
Hari : Jumat
Tanggal : 5 Juni 2020
Jam : 08.00. Wib.
Lintang : 06° 57' 28.09" LS
Bujur : 111° 59' 38.70" BT

Berdasarkan rumus segitiga bola diketahui bahwa azimuth kiblat Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding adalah :
a. 294° 08' 10.70" {Diukur dari titik utara sejati ke timur searah jarum jam}
b. 65° 51' 49.30" {Diukur dari titik utara ke barat}
c. 24° 08' 10.70" {Diukur dari titik barat ke utara}

Adapun jarak jauhnya lokasi hingga ke Ka'bah adalah 8474.62 Km.