Ini yang Dilakukan Setiajit saat New Normal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - New Normal atau normal baru mau tidak mau harus dijalani. Masyarakat harus bersiap dengan tatanan baru tersebut sesuai dengan standar ketat yang diterapkan pemerintah.

 

Salah satu standar yang diberlakukan adalah soal kesehatan. Seperti pemakaian masker, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai handsanitizer serta pola hidup sehat dan bersih lainnya.

 

Untuk membantu masyarakat memasuki normal baru itu, Setiajit Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur menyiapkan ribuan botol handsanitizer.

 

"Handsanitizer itu nanti dibagikan ke masyarakat, untuk membantu masyarakat melakukan anjuran pemerintah dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat," ujar Setiajit Rabu (3/6/2020).

 

Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pemerintah Provinsi Jawa Timur ini ingin memastikan masyarakat Tuban sehat dan mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah, utamanya dalam pelaksanaan ‘new nomal ‘ini.

 

Penggunaan masker dan handsanitizer sebagai bahan untuk cuci tangan sangat diperlukan.

 

‘’Kami membantu warga yang membutuhkan. Selain handsanitizer kami juga membagikan masker,’’ tambahnya.

 

Ribuan botol handsanitizer itu, lanjut pejabat asal Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak ini saat inisedang dikemas. Dalam minggu akan dibagikan ke masyarakat. Teknisnya, pembagian melalui koordinator kecamatan masing-masing.

 

‘’Lalu akan dibagikan langsung ke masyarakat di lokasi-lokasi strategis. Misalnya pasar atau  pusat keramaian lain di masing-masing kecamatan,’’ terang dia.

 

Mantan Pejabat Bupati Jombang ini meminta agar masyarakat Tuban benar-benar peduli dengan kondisi yang ada. Kabupaten Tuban saat ini sudah 50 lebih warganya yang positif Covid-19. Ada bebarapa klaster penyebaran yang ditemukan. Karena itu, kesadaran, kedisplinan dan kepedulian masyarakat sangat diperlukan.

 

‘’Patuhi himbauan dan aturan yang dibuat pemerintah. Semoga wabah ini cepat berlalu,’’ tandasnya.

 

Sekadar diketahui, sejak wabah Covid-19 menyebar, Setiajit sudah berbuat banyak untuk masyarakat. Di antaranya membagikan masker, alat cuci tangan dan sabun, menyemprot lingkungan dengan disinfektan serta membagikan handsanitizer.

 

Selain itu, bantuan sembako untuk warga terdampak juga dilakukan. Setiajit ingin berbuat banyak untuk masyarakat Tuban meski belum mampu membantu semua warga yang membutuhkan. Dia berharap banyak pihak yang mengikuti jejaknya untuk membantu warga.[hud/ono]