Pasien Positif Covid-19 Kluster Asrama Haji Surabaya Sembuh

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban dinyatakan sembuh, Kamis (14/5/2020). 

Pasien sembuh itu diketahui adalah seorang perempuan berusia 40 tahun asal Kecamatan Tuban Kota. Pasien tersebut termasuk dalam kluster pelatihan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. 

"Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani beberapa kali Swab Test sampai akhirnya dua kali berturut-turut hasil tes menunjukkan negatif Covid-19," terang Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Sebelumnya, pasien tersebut telah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD dr. R. Koesma Tuban pada 26 Maret 2020 lalu. Dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 8 April 2020 setelah hasil Swab Testnya menunjukkan positif Covid-19.

"Karena pengambilan sampel Swab Test dilakukan pada 28 April lalu, maka masa isolasi 14 hari pun sudah berlalu," imbuhnya.

Endah juga mengimbau, kepada masyarakat agar selalu mentaati aturan pemerintah terkait wajib menggunakan masker, kemudian Physical Distancing atau jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Sementara itu berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per Kamis (14/5/2020) hingga pukul 18.00 WIB yaitu jumlah kumulatif  ODP sebanyak 502 orang dengan keterangan sebanyak 480 orang selesai pemantauan dan sisanya 122 orang masih dalam pemantauan.

Sementara itu, seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 40 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 9 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 18 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 12 orang, terdiri dari 2 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 8 orang dalam perawatan. [hud/mu]