15 Warga Tuban Jalani Pengambilan Sampel Swab

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 15 orang di Kabupaten Tuban menjalani pemeriksaan pengambilan sampel Swab Test di RSUD dr. R Koesma Tuban, Kamis (14/5/2020). Dari ke-15 orang tersebut, 3 diantarannya merupakan pedagang di Pasar Bongkaran Tuban.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati menyampaikan, 15 orang yang menjalani pengambilan sampel Swab Test adalah mereka yang sebelumnya dinyatakan reaktif dari hasil Rapid Test.

"Ada 15 orang yang menjalani pengambilan sampel Swab Test, mereka sebelumnya reaktif saat dilakukan Rapid Test," terang Endah saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas Kesehatan tersebut menambahkan, dari ke 15 orang tersebut 3 orang diantarannya merupakan pedagang di Pasar Bongkaran Tuban yang reaktif saat dilakukan Rapid Test massal pada Rabu (13/5/2020) dini hari.

Sedangkan sisannya merupakan orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif dan berstatus OTG sekaligus PDP yang reaktif saat di Rapid Test. "Iya 3 orang adalah pedagang di Pasar Bongkaran Tuban dan lainya dari hasil Tracking," tandas Endah.

Selajutnya, sampel Swab Test yang telah diambil tersebut akan dikirimkan ke Lab Surabaya dan hasilnya akan diketahui 7-10 hari ke depan.

Sementara itu berdasarkan peta persebaran Covid-19 per Rabu (13/5/2020), jumlah ODP ada sebanyak 601 orang dengan jumlah yang selesai di pantau 479 orang.

Sedangkan jumlah komulatif PDP ada 39 orang dengan rincian 13 sembuh, 18 masih dalam perawatan dan 8 PDP meninggal dunia. Kemudian, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 ada 12 orangdengan rincian 1 sembuh, 2 meninggal dunia dan 9 orang di rawat dan diisolasi di rumah sakit.[hud/rom]