Prediksi BMKG,  Begini Gelombang Laut di Tuban Hari ini dan Besok

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis perkiraan cuaca maritim wilayah perairan Jawa Timur (Jatim). Untuk wilayah Tuban diprediksi gelombang laut dengan intensitas sedang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya. Hari ini, untuk wilayah perairan Tuban diperkirakan gelombang laut sedang dengan ketinggian berkisar antara 0.50 - 1.50 meter.

"Prediksinya untuk hari ini dan besok,"ungkap Rofiq Isa Mansyur. Rabu,(13/5/2020).

 Hal tersebut disebabkan,  adanya tekanan rendah di bagian utara Indonesia, tepatnya di samudera pasifik timur Filipina. Secara tidak langsung membentuk daerah belokan angin dari Sulawesi Utara memanjang hingga ke Maluku Utara dan seterusnya.

"Berefek secara tidak langsung pada perairan daerah Tuban, di beberapa hari ke depan yang terjadi kenaikan tinggi gelombang laut,"ujarnya.

Ia berharap, bagi pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap selalu berhati - hati ketika melaut dan waspada apabila ada perubahan cuaca yang siginifikan.

"Dan ikuti terus informasi dari BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya,"tandasnya. [nid/ito]