Bareroot Bidara Lebih Murah Harganya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tanaman bidara arab punya banyak sistem dan cara untuk dibudidayakan. Selain cara pembibitan semai dari biji bibit, juga ada metode tanam bareroot atau akar cabut, dengan perawatan dan dana yang lebih ramah.

Salah satu penjual bibit bidara arab, Nafik menerangkan bagaiman cara tanam bidara dari sistem bareroot. Tanaman yang sudah dicabut beserta akarnya, bisa langsung dipindahkan ke lahan tanah maupun pekarangan, dengan tahap adaptasi zat tanah yang tak sampai 5 hari.

"Bareroot bidara juga lebih murah. Per tanaman, kita jual hanya Rp1.000 saja. Kalau di polybag atau bibit, variatif sih pedagang pasang harganya," kata pemuda yang ada di Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo itu.

Untuk urusan perawatan, sebenarnya dari sistem semai maupun akar cabutan tak jauh beda penanganannya. Hanya diperlukan ketekunan dan rutin memberi siraman air, pemberian pupuk pun minim, kalau diperlukan saja.

Masih kata Nafik, tanaman bidara banyak diburu dan dibudidayakan untuk kepentingan kesehatan, utamanya pengobatan herbal. Ada juga sumber lain yang mengungkap bahwa tanaman 'sidr' ini punya khasiat sisi magis.

"Obat herbal bisa. Media rukyah dan pencegahan gangguan jin, Insyaallah juga bisa," terang lelaki yang sempat mondok di salah satu pesantren Kecamatan Senori ini kepada blokTuban.com, Rabu (13/5/2020). [feb/rom]