Kasus Positif Covid-19 di Tuban Bertambah 5 Orang, Montong dan Parengan Zona Merah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jumlah kasus baru terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tuban bertambah 5 orang, Jumat (8/5/2020). Kini jumlah keseluruhan (Komulatif) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Bumi Wali menjadi 9 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengungkapkan, dari hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terdapat penambahan kasus baru yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban.

"Dari hasil Tes Swab, ada lima orang yang hasilnya positif Covid-19,“ ujar perempuan yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban tersebut.

Dia menjelaskan, dari ke-5 kasus baru terkonfirmasi positif ini satu diantaranya sudah meninggal dunia, yakni seorang perempuan (57) asal Kecamatan Parengan. Perempuan tersebut meninggal dunia (30/4/2020) setelah berstatus PDP.

"Almarhumah termasuk dalam kluster Pasar Bojonegoro," imbuh Endah.

Endah menambahkan, untuk penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di antarannya adalah seorang Perempuan (44) dan seorang Laki-laki (48) keduanya asal Kecamatan Tuban.

Berdasarkan dari hasil tracking atau pelacakan yang dilakukan Tim Gugus, keduannya memiliki kontak erat dengan PDP yang meninggal dunia asal Kecamatan Tuban yang meninggal pada Jumat (24/4/2020) lalu.

"Untuk PDP yang meninggal dunia ini belum sempat dilaksanakan Tes Swab, tetapi hasil Rapid Test positif." ungkapnya.

Kemudian, lanjut Endah, dua lagi yang terkonfirmasi positif merupakan kluster Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan, yaitu laki-laki (15) asal Kecamatan Parengan dan laki-laki (19) asal Kecamatan Montong.

Sebelumnya, pada kluster yang sama juga telah ada yang dinyatakan terkonfirmasi positif pada (29/4/2020) lalu. Selanjutnya, kesemua yang terkonfirmasi positif covid-19 baru ini telah dirawat dan diisolasi di RSNU Tuban.

Sementara itu sekadar diketahui, sehari sebelumnya satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang kerumah setelah hasil dua kali Tes Swabnya negatif Covid-19.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  Jumat(8/5/2020) hingga pukul 18.00 WIB terjadi penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) baru 9 orang. Sehingga jumlah kumulatif ODP sebanyak 592 orang dengan keterangan sebanyak 455 orang selesai pemantauan dan 137 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 7 orang meninggal dunia dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 15 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 9 orang, terdiri dari 1 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 6 orang dalam perawatan. [hud/rom]