Bidan Desa Keliling Beri Imunisasi di Tengah Pandemi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini berbagai kegiatan atau pekerjaan harus dilakukan dengan jemput bola atau turun langsung kepada masyarakat. Hal itu demi memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Bidan Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tutik Sunarmiyati yang rela keliling desa meluangkan waktunya untuk melakukan imunisasi kepada Bayi Bawah Lima Tahun (Balita) di desa setempat, Rabu (6/5/2020).

Menurut Tutik, imunisasi kepada bayi harus tetap diberikan meski di tengah pandemi seperti ini. Meski begitu, dalam pemberian imunisasi pihaknya juga tetap menggunakan protokol pencegahan Covid-19.

"Imunisasi kepada bayi tetap wajib diberikan meski tengah pamdemi, kita harus memberikannya dengan cara kunjungan rumah untuk menjaga agar adik-adik bayi tidak keluar rumah, tetap aman dengan pemberian imunisasi,” kata Tutik.

Dia menambahkan, untuk imunisasi bulan ini, pihaknya menargetkan 45 bayi untuk diberikan imunisasi. Imunisasi tersebut, meliputi imunisasi BCG, DPT, campak dan polio yang merupakan imunisasi wajib bagi bayi.

Sementara itu, Zunaidah salah satu ibu dari Balita desa setempat yang dikunjungi bidan merasa senang dengan imunisasi di rumah. Sebab menurutnya, kondisi saat pandemi tidak memungkinkan untuk dilakukan di Posyandu.

“Kami semua berharap agar pandemi covid-19 ini segera berakhir dan semua kegiatan atau pekerjaan bisa seperti sedia kala,” tutupnya. [hud/rom]