Tentang Didi Kempot dan Kota Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabar duka dari dunia panggung hiburan tanah air. Pasalnya, musisi campursari Didi Kempot tutup usia pada Selasa (5/5/2020) di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

Selain piawai membawakan Lagu Jawa, adik kandung Mamiek Prakoso itu juga produktif menciptakan lagu. Bahkan musisi yang dijuluki Godfather Of Broken Heart tersebut pernah menciptakan lagu tentang Tuban.

Berdasarkan wawancara eksklusif blokTuban.com dengan mantan Kabid Kepemudaan Disparbudpora Kabupaten Tuban, Listyo Utomo, selama 2016-2018, Didi Kempot sudah menyanyikan empat lagu ciptaannya. Semua lagunya menggambarkan tentang Tuban baik tempat maupun budaya.

"Ada empat lagu Ciptaan saya yang dinyanyikan mas Didi, yaitu Pesisir Tuban, Ayo Ning Tuban, dan Pak Tani," terangnya  kepada wartawan blokTuban.com, Selasa (5/5/2020).

Tidak hanya itu, pria yang purna dari jabatannya Januari lalu itu menambahkan, Lord Didi sebelum meninggal dunia juga telah menciptakan empat lagu tentang Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban. Menurut Lis, sapaan akrabnya, empat lagu tersebut tentang wisata.

"Lagu yang sudah diciptakan Mas Didi antara lain, Bunderan Seleko Tuban, Pantai Sowan Ninggal Janji,  Segoro Tuban, dan Terminal Kambang Putih," bebernya.

Di mata Lis, sosok Didi Kempot merupakan penyanyi dan pelaku seni yang Luar biasa. Perannya untuk Tuban telah mendukung promosi potensi Bumi Wali ke tingkat internasional.

"Kami berharap bisa jadi motivator buat anak-anak remaja Tuban untuk berkarya dengan lagu Jawa," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]