Pertamina Pasang ATG di Tangki SPBU, Hiswana Migas: Ini Cita-cita Kami Dari Dulu

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Manfaat program digitalisasi SPBU yang diinisiasi oleh Pertamina kini mulai terasa, terutama dengan dipasangnya perangkat digital Automatic Tank Gauge (ATG) di setiap tangki pendam SPBU. Dengan adanya alat ini, SPBU maupun Pertamina dapat memantau stok BBM di tangki tersebut secara otomatis.

 

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid dalam peninjauannya ke SPBU dalam siaran resmi disitys resmi Pertamina menjelaskan, ATG yang dipasang di tangki pendam SPBU terhubung langsung dengan ruang kontrol di SPBU dan juga Terminal BBM Pertamina.

 

“Sehingga ke depannya jaminan ketersediaan stok di SPBU menjadi lebih baik. Karena jika stok mencapai batas minimum, langsung terkomunikasikan secara otomatis ke ATG yang ada di Terminal BBM. Sehingga ketersediaan stok selalu terjaga,” katanya.

 

Selain untuk memantau ketersediaan stok, dengan adanya ATG di tangki pendam SPBU ini, titik serah produk yang sebelumnya di terminal BBM Pertamina, bisa digeser ke tangki pendam SPBU. Dengan demikian, jika terjadi losses selama pengiriman dari terminal BBM Pertamina ke SPBU, akan menjadi tanggung jawab Pertamina.

 

“Ini merupakan upaya Pertamina untuk terus menjalankan proses bisnis dengan lebih akuntabel dan transparan terutama kepada mitra bisnis kami yaitu SPBU,” tambahnya.

 

Pemasangan ATG merupakan bagian dari program digitalisasi SPBU. Pertamina berencana memasang 24.000 ATG di 5.518 SPBU. Hingga saat ini sekitar 75 persen dari semua SPBU telah selesai dipasangi ATG.

 

“Melalui program ini, konsumen dapat terlayani dengan lebih baik lagi, baik dari sisi ketepatan liter maupun juga kualitas produk," terangnya.

 

Manfaat pemasangan ATG ini diakui oleh Ketua DPD III Hiswana Migas Juan Tarigan sebagai perwakilan pengusaha SPBU. “Ini cita cita kami selaku pemilik SPBU dari dulu," sambungnya.

 

Dengan sistem ini memudahkan kami mengontrol losses dengan sistem yang dikeluarkan Pertamina. Dan ini juga bisa meminimalisir tingkat losses di SPBU. Pengusaha SPBU menyambut positif program ini. Karena program ini membantu pemilik SPBU  dalam mengontrol bisnis ke depan nantinya.

 

"Ini sangat ditunggu-tunggu dan disambut baik oleh kita semua," pungkasnya. [ali/ono]