3 Makanan Alternatif Pengganti Nasi untuk Anak saat Sahur

Reporter: -

blokTuban.com - Umumnya, nasi menjadi pilihan utama ibu dalam menyajikan menu sahur bagi anak. Sebab, nasi dianggap mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan si kecil ketika berpuasa selama 12 jam.

Rupanya, Moms, tidak melulu harus makan nasi untuk menu sahur anak, lho. Anda bisa mengganti dengan pangan lain yang tentunya juga bergizi. Demikian yang dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa E Djuanda, MGizi,SpGK. Apa sajakah itu?

"Karbohidrat bisa didapat dari roti, kentang, dan ubi," ujarnya saat dihubungi kumparanMOM, belum lama ini.

Nah, ini dia alasan roti, kentang dan ubi disarankan bisa untuk menggantikan nasi, Moms:

1. Roti

Dilansir Healthy Kids, roti adalah sumber serat, karbohidrat, protein, dan berbagai macam vitamin juga mineral.

Tak hanya itu, mengkonsumsi roti saat sahur juga menjaga agar berat badan si kecil stabil. Namun, sebaiknya agar anak kuat menahan lapar saat berpuasa, jangan lupa sajikan roti dengan menu tambahan lain seperti daging, sayuran dan buah-buahan.

2.Kentang

Jika si kecil bosan mengkonsumsi nasi untuk sahur, jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan kentang. Dilansir dari Nourish Interactive, kentang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kentang juga menjadi sumber vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, kentang juga bertindak sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, Moms. Dan yang terpentingnya lagi, kentang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan sehingga si kecil terhindar dari gangguan pencernaan selama menjalani ibadah puasa.

Tak perlu bingung untuk mengolahnya. Anda bisa olah kentang menjadi menu mashed potato, dipanggang, dan sebagainya.

3. Ubi

Healthline melansir, jenis karbohidrat pada ubi merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah, serta dapat menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam. Karbohidrat kompleks ini bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa).

Dan karenanya jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi. Maka dari itu ubi cocok dijadikan alternatif pengganti nasi ketika sahur.

*Sumber: kumparan.com