Warga Bancar Jarang Pakai Masker, Gugus Tugas Turun Tangan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban memantau warga di sekitar Kecamatan Bancar masih jarang memakai masker. Oleh karena itu, gugus tugas langsung turun ke lapangan untuk membagikan masker gratis.

Bancar merupakan kecamatan di ujung Barat Tuban, dan menjadi pintu masuk pendatang dari Jawa Tengah. Sasaran pembagian masker yaitu nelayan dan pedagang ikan di PPI ( Pusat Pelelangan Ikan) Desa Bulu Meduro Bancar.

Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Viliala Romadlon mengatakan maksud kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan menyadarkan masyarakat dalam penggunaan masker, hal ini sebagai upaya untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tuban.

Dia menghimbau kepada para nelayan dan seluruh pedagang ikan yang ada di PPI Bulu khususnya, dan masyarakat Bancar pada umumnya, untuk megetahui akan ancaman covid 19 yang sangat berbahaya,

"Karena jika saya amati, warga sekitar kecamatan Bancar ini masih jarang memakai masker,” terangnya, Sabtu (25/4/2020).

Penggunaan masker menurut Viliala Romadlon adalah bagian dari ikhtiar bersama mencegah Covid-19. Selain itu juga masyarakat diharapkan dapat mematuhi Physical Distancing atau jaga jarak fisik, sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama dikawasan pelelangan Ikan.

Dandim 0811 Tuban ini mengingatkan bahwa mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati, karena jika sampai terkena virus covid-19, maka biaya yang akan dikeluarkan lebih banyak.

"Alat bantu nafas harganya cukup mahal, bisa bernilai puluhan juta. Oleh karena itu, sebagai upaya mencegah penularan pandemi dengan penggunaan masker disaat kita beraktivitas diluar rumah dan bertemu dengan orang banyak," pungkasnya. [ali/ito]