Memayu Hayuning Bawana, Pendekar PSHT Perang Lawan Covid-19

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Montong ikut berperan aktif mencegah penyebaran virus Corona  (Covid-19). Sebanyak 14 ribu liter disinfektan disemprotkan ke 13 desa di Kecamatan Montong dan Desa Dagangan, Kecamatan Parengan selama beberapa hari ini.

Gerakan massal ini dilakukan siswa warga hingga pengurus. Mereka ditugaskan oleh pengurus untuk berperan di wilayahnya masing-masing, serta beberapa diantaranya ditugaskan untuk membantu desa lainnya.

Ketua PSHT Ranting Montong, Ahmad Usdianto menjelaskan bahwa program ini dilakukan secara serentak. Karena banyaknya wilayah, sehingga kegiatan dibagi sampai hampir sepekan.

"Kalau baik ya sekalian baiknya tidak setengah-setengah. Kita wujud menjalankan ajaran Memayu Hayuning Bawana sekaligus memberikan pembelajaran kepada adik-adik (siswa) kami," katanya, Senin (20/4/2020).

Teknisnya dibuat berlapis. Unit mobil bak terbuka dilengkapi dengan mesin semprot bertugas untuk menyemprotkan disinfektan jalanan kampung. Sedangkan yang mesin semprot gendong ditugaskan untuk dipakai untuk menyemprotkan pemukiman warga, fasilitas umum dan lokasi strategis lainnya.

"Intinya kita juga membantu pemerintah agar Pandemi ini segera selesai. Serta masyarakat dan PSHT dapat kembali beraktifitas normal. Kita usaha dan doa harus berimbang," imbuhnya.

Ketua PSHT Ranting Montong, yang juga tokoh PSHT Cabang Tuban itu menambahkan, kegiatan ini dapat terlaksana atas peran aktif dari pengurus dan warga rayon serta donatur yang tidak mau dipublikasikan.

"Ini kerja keras dan kerja ikhlas bersama keluarga besar PSHT. Semoga menginspirasi masyarakat dan organisasi/perguruan lain untuk bersama aktif berperan. Siswa yang kita libatkan lebih dari 300 siswa sabuk hijau dan putih," imbuhnya.

Kegiatan ini sebelumnya dibuka oleh Forkopimka Kecamatan Montong, di Padepokan Sendang Kalangan, PSHT Ranting Montong. Camat Montong dan Danramil Montong sangat mengapresiasi kegiatan ini. [rof/mu]