Tak Ada Korban Jiwa, Polisi Belum Bisa Komunikasi dengan Pengurus

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Kepolisian Polsek Tuban Kota, Polres Tuban menyebut runtuhnya Patung Raksasa Dewa Perang Tiongkok, Kongco Kwan Sing Tee Koen di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban tidak ada korban jiwa, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: [Patung Panglima Perang Tiongkok di Tuban Runtuh, Saksi Mata Beberkan Hal Ini]

Hal itu diungkapkan oleh Kapolsek Kota Tuban, AKP Geng Wahono kepada sejumlah wartawan saat berada di depan pintu gerbang klenteng terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Patung runtuh sekitar pukul 10.00 WIB, Alhamdulillah laporan awal tidak ada korban. Dan masyarakat saat ini masih kondusif," terang Kapolsek Tuban Kota.

Lebih lanjut, Kapolsek menyampaikan belum mengetahui pasti apa yang menjadi penyebab runtuhnya patung raksasa dewa perang yang diresmikan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan pada Juli 2017 lalu ini.

"Kita belum bisa mengetahui pasti apa penyebab patung ini runtuh," terang Kapolsek.

Bahkan, menurut Kapolsek hingga saat ini pihak Pengurus TITD KSB Tuban masih menutup pintu gerbang klenteng dan belum memperbolehkan petugas untuk masuk ke dalam area klenteng. 

"Kita belum bisa komunikasi dengan pihak pengurus," pungkasnya.

Sekadar diketahui, pasca patung setinggi 30,4 meter tersebut runtuh. Terpantau kondisi patung saat ini hanya menyisakan rangka beton. Sedangkan baju Kong Co yang didominasi warna merah hijau semuanya runtuh.[hud/col]