Bakti Sosial Forum Biker Tuban Demi Keselamatan Tim Medis Urus Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Forum Biker Tuban (FBT) pada Sabtu (11/4/2020) pagi melakukan bakti sosial menangkal penyebaran Corona (Covid-19). Baksos ini salah satunya ditujukan untuk keselamatan tim medis dalam mengurus Corona.

Perwakilan FBT langsung ditemui Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban, Saiful Hadi. Mereka menyerahkan 250 masker, 3 liter hand sanitizer, dan 96 baju pelindung.

"Tahap 1 kami fokus membantu RSUD Koesma karena menjadi RS rujukan pasien Corona," terang Suwandi koordinator penggalangan dana peduli Covid-19 kepada blokTuban.com.

Wandi sapaan akrabnya menambahkan, bantuan ini merupakan hasil swadaya dari anggota dan donasi masyarakat dermawan. Selain tim medis, ratusan masker ini diperuntukkan bagi seluruh keluarga pasien di RSUD.

Di tengah kelangkaan masker, FBT mengootimalkan jaringan biker Mojokerto yang kebetulan juga memproduksi masker. Selain harga murah, atas nama solidaritas biker Mojokerto juga menyumbang masker untuk Kabupaten Tuban.

Sedangkan untuk baju pelindung FBT mendapatkan dari Surabaya. Dimana anggota FBT yang ada di Surabaya langsung menghubungi biker Surabaya untuk berpartisipasi dalam baksos ini.

"Sebagai bentuk kampanye, seluruh anggota FBT ketika keluar rumah wajib pakai masker sesuai anjuran pemerintah," terangnya.

Tak cukup sampai disitu, baksos akan dilanjutkan tahap dua. Sasarannya masyarakat terdampak pandemi yang akan diberi bantuan Sembako.

Untuk memenuhi permintaan masker, FBT juga memberdayakan para penjahit yang masih keluarga terdekat. Biker yang membelikan kain, kemudian para penjahit mulai memproduksi masker.

"Upah panjahit biker yang menyukupinya. Sementara donasi yang terkumpul Rp2.400.000 dan terus dibuka untuk baksos berikutnya," ungkap pria asal Kecamatan Bancar.

Wandi juga mengajak seluruh masyarakat terus melakukan pola hidup bersih dan sehat. Rajin mencuci tangan setelah memegang barang atau orang. Memakai masker ketika keluar rumah, dan rajin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sementara Direktur Saiful Hadi, menyampaikan terimakasih kepada Forum Biker Tuban karena sudah peduli ditengah pandemi covid-19. Bantuan ini akan digunakan oleh pihak rumah sakit sebaik-baiknya dan maskernya diberikan krpada keluarga pasien yang berada di RSUD.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan berharap, komunitas maupun organisasi yang lain bisa melaksanakan kegiatan serupa dan saling bahu membahu menangani virus covid-19.

"Kami mengucapkan terimakasih, semoga bantuan ini memberikan manfaat kepada kami dan seluruh karyawan di RSUD," tutupnya. [ali/ito]