Dampak Covid-19, Pemerintah Akan Beri BLT Selama 3 Bulan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Meminimalisir dampak pandemi virus Corona (covid-19), pemerintah pusat akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp600 ribu per bulan, selama tiga bulan kedepan bagi keluarga miskin.

Kasi Linjamsos, Dianas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA), Santoso mengatakan, kemungkinan BLT akan disalurkan mulai bulan ini, namun BLT tersebut menggunakan beberapa syarat seperti penerima BLT sebelumnya belum pernah menerima bantuan lainnya seperti, PKH dan BNPT, dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) atau Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS).

"Memang benar akan ada program tersebut, tapi terkait surat resminya belum keluar," ungkap Santoso, Jumat (10/4/2020).

Ia menjelaskan, per bulan Januari 2020 jumlah BDT atau DTKS yang ada di Kabupaten Tuban tercatat 144 ribu Kartu Keluarga (KK). "Itu jumlah keseluruhan, ada yang sudah mendapatkan bantuan PKH, BPNT dan BPNTD," imbuhnya.

Dengan rincian, perbulan Januari 2020 ada, penerima PKH ada 53.613 Penerima Keluarga Manfaat (PKM), BPNT ada 81 ribu PKM dan BPNTD berjumlah 4.421 KK.

"Kemungkinan yang belum pernah mendapatkan bantuan tapi sudah masuk BDT akan didata untuk diberikan BLT," tandasnya. [nid/rom]