Banjir di Palang, Ratusan Rumah di Dua Desa Tergenang Banjir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan lebat di wilayah Kecamatan Palang dan Semanding mengakibatkan ratusan rumah warga di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tergenang banjir, Jumat (10/4/2020).

Banjir menggenangi ratusan rumah warga yang berada di Desa Cendoro dan Gesikharjo, Kecamatan Palang setinggi kurag lebih 20 Centimeter hingga 80 Centimeter. Selain itu, ruas jalan dan areal persawahan juga turut terendam banjir.

Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengugkapkan, banjir yang menggenangi dua desa di Kecamatan Palang tersebut terjadi lantaran hujan lebat mengakibatkan tanggul sungai Avour Suruh di Desa Cendoro jebol.

"Hujan deras dari Desa Ngimbang dan kawasan pegunungan menyebabkan tanggul avour suruh di Desa Cendoro jebol," kata Yudi Irwanto saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Lebih lanjut jebolnya tanggul tersebut membuat air masuk ke kawasan pemukiman. Adapun jumlah trumh yang tergenar tercatat 120 rumah di Dusun Cendoro Utara, Desa Cendoro, Kecamatan Palang.

Kemudian 26 rumah warga di Dusun Rembes, Desa Gesikharjo. Dan 3 rumah warga di Dusun Gesik, Desa Desikharjo, Kecamatan Palang. "Untuk ketinggian air sekitar 20 centimeter sampai yang terdalam 80 centimeter," imbuh Yudi.

Sementara itu, Camat Palang Rohmad mengatakan, banjir terjadi lantaran intensitas hujan lokal tinggi. Selain itu, juga banjir kiriman dari daerah pegunungan atau dataran tinggi. Namun diperkirakan jika tidak ada hujan lagi banjir ini akan segera surut.

"Biasanya banjir disini cepat surut, mungkin kalu nanti tidak hujan lagi, sore sudah surut," pungkas Rohmad. [hud/rom]