Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19), harga daging sapi di Pasar Pramuka Kabupaten Tuban masih  tetap stabil. Harga daging sapi tersebut berada di kisaran Rp100 ribu hingga Rp110 ribu per kilogram.

Meski harga tidak mengalami kenaikan, namun imbas semenjak adanya Covid-19 juga dirasakan oleh para pedagang daging. Para pedagang mengaku, pembeli mayoritas dari rumah tangga, padahal sebelumnya pemilik rumah makan atau warung.

"Untuk harga sampai saat ini stabil, hanya saja pembeli lebih didominasi para ibu rumah tangga," terang Bu Enik kepada blokTuban.com, Rabu (8/4/2020).

Lebih lanjut, Enik menambahkan pada hari-hari biasa sebelum adanya Covid-19. Setiap kali berjualan dia bisa menghabiskan daging sebanyak satu ekor sapi begitu juga dengan kondisi saat ini.

"Kalau penjualan ya sama, tapi sekarang pembelian itu sedikit-sedikit untuk konsumsi keluarga," tandasnya.

Sementara itu penjual yang lain, Ahmad Al Amin juga mengatakan yang sama.  Menurutnya, selama ini harga daging sapi stabil tidak ada lonjakan yakni kisaran Rp100 ribu hingga Rp110 ribu per kilogram.

Kendati begitu, selama adanya pembatasan bagi warung-warung atau rumah makan. Pembeli cenderung didominasi oleh orang rumahan. "Harga stabil. Cuma sekarang pembeli kebanyakan orang rumahan," pungkasnya.[hud/lis]