BPBD Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Koloni tawon jenis vespa affinis, atau sering disebut dengan tawon ndas, kembali meresahkan warga. Kali ini, sarang tawon berukuran jumbo sebesar 2x lipat galon air mineral, berada di atas dapur rumah milik warga Desa Banjararum, Kecamatan Rengel.

"Pada pukul 10.30 WIB tadi, kami menerima laporan dari Kadus Karoman RT 04 RW 02 Desa Banjararum," ujar Rizki, salah satu petugas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban posko Rengel, Selasa (7/4/2020) sore.

Pasca mendapat laporan dan melakukan koordinasi, tim BPBD posko Rengel bergegas untuk mengevakuasi sarang tawon di kediaman Sunari (53) pemilik rumah yang sehari-hari bekerja sebagai petani.

Tim BPBD Pos Rengel, dibantu Satpol PP Kecamatan Rengel, relawan, beserta warga sekitarnya melakukan evakuasi. Sarang tawon tersebut dibakar menggunakan gas LPG dan dilakukan penyemprotan pada sarang yang dibakar untuk antisipasi jikalau api menjalar ke dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu.

Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, bagaimanapun juga kondisi yang terjadi, BPBD Tuban selalu siap dalam menjalankan tugas. Terlebih pada giat penanggulangan bencana maupun peristiwa yang kiranya menyusahkan masyarakat.

"BPBD Tuban tetap stay. Kita kerja terus untuk penanggulangan dan antisipasi bencana. Entah itu kebakaran, evakuasi sarang tawon, juga siaga banjir," tegas Kalaksa BPBD Tuban. [feb/col]