Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Area makam wali Sunan Bejagung, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban telah disantroni maling. Ada lima kotak amal yang raib uangnya, dengan kondisi gembok rusak.

Kotak amal yang dicuri tersebar di dua titik, yaitu tiga kotak di area makam Sunan Bejagung Lor, dan dua kotak di makam Bejagung Kidul.

Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan menjelaskan, pencurian ini terjadi saat kebijakan physical distancing dan tutup sementara di seluruh wisata religi dan non religi di Kabupaten Tuban.

"Sehingga kondisi sepi dimungkinkan jadi sasaran maling kotak amal," terang Kades Aang kepada blokTuban.com, Minggu (5/4/2020).

Terjadinya tindak kejahatan ini sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Persis setelah hujan lebat reda.

Di area makam sebenarnya sudah ada penjaga dan kamera CCTV. Lanjut Aang, belakangan kamera rusak, sehingga maling leluasa menguras isi kotak amal.

Dari cara mencongkel kotak, para maling diprakirakan sangat berpengalaman. Dugaan kuat pemain lama, karena Makam Bejagung dalam setahun terjadi dua sampai tiga kali.

"Selain kotak amal makam wali, rumah juru kunci makam juga jadi sasaran maling ini. Infonya uang dan rokok juga raib," tegasnya.

Total kerugian makam sementara Rp13.000.000, rinciannya kotak amal Masjid Makam Bejagung Lor Rp10.000.000 dan dari empat kotak di area makam dapat Rp3.000.000.

"Pencurian ini sudah kami laporkan ke polisi dan anggota Polsek Semanding Polres Tuban telah melakukan olah TKP," tutup Kades. [ali/col]