Kartar Asoka Muda Edukasi Hidup Sehat Jemaah Jumat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menjaga gaya hidup sehat guna menangkal berbagai ancaman penyakit, harus diterapkan tak hanya pada lingkungan rumah saja. Namun pada seluruh aktivitas umum maupun khusus di luaran. Seperti yang tampak pada aktivitas siang hari ini di area Masjid Baiturahim, Desa Sokosari, Kecamatan Soko.

Segenap anggota Karang Taruna (Kartar) Asoka Muda Desa Sokosari, didukung Pemerintah Desa setempat dan takmir masjid menggalakkan edukasi gaya hidup sehat kepada semua jamaah sholat Jumat. Mereka menyemprotkan hand sanitazer yang diracik dari bahan alami untuk disemprotkan ke tangan jemaah Jumat.

"Penyemprotan hand sanitazer ke tangan para jemaah Jumat ini juga merupakan upaya sterilisasi dan pencegahan penyebaran virus penyakit, utamanya Covid-19 yang belakangan ini marak," ujar Ketua Kartar Asoka Muda, Muhamad Makmun kepada blokTuban.com, Jumat (3/4/2020).

Ditambahkan Makmun, selain giat penyemprotan hand sanitizernya, jemaah juga dibagikan stiker gratis tentang kampanye cara hidup sehat. Edukasi ini juga mengacu pada pemanfaatan bahan alam sekitar guna menangkal ancaman penyakit dari bakteri maupun virus.

Adapun bahan cairan hand sanitazer dari tanaman herbal bisa dibuat sendiri dengan komposisi 4 kilogram daun sirih, 3 kilogr daun jambu ataupun daun jeruk nipis, kemudian diolah dengan 7 liter air bersih.

"Kami juga melakukan open donasi, untuk selanjutnya digunakan membuat  hand sanitizer dalam skala lebih besar," tandasnya.

Besar harapan, dengan edukasi dan penerapan gaya hidup sehat ini, masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya pencegahan maupun penangkalan penyakit, yang bisa dilakukan sendiri dari manfaat tanaman herbal. Sebab, mencegah lebih baik dari pada mengobati. [feb/col]