Nelayan Palang Urung Pergi Miyang

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ratusan kapal milik para nelayan di pantai utara wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tampak berjajar rapi merapat pantai. Tak ada aktivitas hiruk pikuk nelayan jual beli ikan seperti hari biasanya.

"Sudah 5 sampai 6 hari ini, nelayan sudah nggak ada yang miyang," ucap Sofyan, nelayan di pesisir Kradenan, Kecamatan Palang, Sabtu (28/3/2020).

Ya, hampir sepekan aktivitas miyang atau melaut tak dilakukan oleh para nelayan pesisir Palang. Hal itu disebabkan oleh pembatasan dan aturan kerja dari pemerpusat, terkait antisipasi penyebaran wabah Covid-19.

Wabah dari daratan China tersebut memberi dampak pada pabrik penyetoran ikan yang biasan menjadi transaksi jual beli ikan hasil yang nelayan setempat.

"Kita mau miyang juga percuma, soalnya pabrik tutup. Lah kalau dapat ikan, terus ikannya mau dijual kemana kalau gak ke pabrik," imbuh Sofyan sembari membereskan peralatan miyang yang sudah tak dipakai hampir satu minggu.

Senada dengan yang dipaparkan oleh Luki. Nelayan asal Desa Palang, Kecamatan Palang ini mengaku sudah 1 minggu tak melaut. Sebab, pabrik penjualan ikan disana juga ikut tutup.

"Belum miyang lagi. Nggak tau kapan bisa miyang, nunggu intruksi dari pemerintah kapan keadaan mulai aman. Semoga berangsur membaik saja," katanya berharap. [feb/ito].