Serentak Sterilkan Pendopo, Masjid Agung hingga Markas Kodim 0811 Tuban



Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beberapa tempat umum di Kabupaten Tuban mulai hari Selasa (17/3/2020) pagi disterilkan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Pembersihan dengan disinfektan tersebut diawali dari Pendopo Krida Manunggal, Masjid Agung, hingga markas Kodim 0811.

Saat bersih-bersih di Pendopo, Bupati Fathul Huda, Wabup Noor Nahar dan jajaran Forkopimda turun tangan mengepel lantai. Pejabat tinggi di Bumi Wali ini cukup berigas, membersihkan lokasi yang kerap dipakai acara massal ini.

"Sterilisasi virus Corona (Covid-19) diawali dari diri sendiri. Setelah terbit Surat Edaran (SE) pagi ini penyemprotan Pendopo," terang Bupati Fathul Huda kepada blokTuban.com.

Di tengah isu pandemi Covid-19, Bupati dua periode ini meminta warganya tak boleh santai karena sudah ditetapkan bencana nasional. Tuban diharapkan tidak ada yang terjangkit virus yang berasal dari Wuhan Cina.

Sebelum dilakukan sterilisasi lingkungan, seluruh kepala intansi dan camat dikumpulkan. Tujuannya segera melaksanakan langkah preventif di wilayahnya, salah satunya membiasakan cuci tangan.

"Para ASN harus mengembangkan intruksi Presiden sistemnya seperti apa. Pemkab diberi kewenangan untuk menyampaikan himbauan ke masyarakatnya," terang Bupati asal Montong.

Terakhir Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk waspada, dan tidak panik. Kita semua harus yakin dan perkuat iman, bahwa tidak ada penyakit yang tak ada obatnya. Disambung praktik cuci tangan bersama yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan.

Sementara Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto menambahkan penyemprotan dengan bahan kimia ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hari ini ada tiga titik pembersihan, diawali dari Pendopo.

"Untuk jumlah disinfektan yang disiapkan masih dihitung sesuai kebutuhan. Jika masyarakat ingin ada penyemprotan bisa langsung kontak ke Dinkes," sambung Yudi di Masjid Agung.

Adapun penyemprotan di markas Kodim 0811, dipantau langsung oleh Kasdim. Dimulai masjid, ruangan Dandim, hingga seluruh ruang staf Kodim di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. [ali/ito]